Minggu, 24 Maret 2013

Masa Orientasi PKS 2013


Baru saja kemarin selesai kemah pramuka sekarang sudah harus mulai Masa Orientasi PKS. Dari hari Senin 21/1 sampai Kamis 24/1 telah dilaksanakan Masa Orientasi PKS masa bakti 2012-2013.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua tahap, yaitu dari Senin sampai Rabu diberikan pembekalan materi oleh pihak kepolisian kemudian pada hari Rabu sore hingga Kamis dilanjutkan kegiatan kemah serta outbound.
Pada hari Rabu sore sekitar pukul 5.00 seluruh peserta Masa Orientasi PKS telah berkumpul dilapangan sekolah. Peserta hanya berasal dari kelas X atau anggota baru PKS. Sedangkan untuk PKS kelas XI dan XII bertugas sebagai panitia atau penyelenggara kegiatan.

Dari sore hingga pukul 7.30 malam para peserta diajak berbasah-basah dan berleumpur-lumpur dengan engikuti outbound. Rute serta arena outbound telah dipersiapakan oleh panitia. Ada yang mengambil tempat di sawah sebelah barat sekolah, ada yang di kolam, di sungai dsb.

Sehabis outbound para peserta diberikan waktu untuk mandi kemudian makan bersama. Ruangan yang menjadi tempat istirahat mereka adalah ruang kelas XG dan XH atau ruangan di depan sekepat.
Sehabis makan malam mereka diberikan waktu untuk beristirahat sementara panitia mulai menata ruang terbuka sebagai tempat renungan malam.

Kegaduhan sengaja dibuat-buat oleh senior PKS sebagai uji mental kepada calon peserta baru. Calon anggota PKS baru kemudian dikeluarkan secara paksa dari ruangan kemudian dibariskan di halaman sekolah. Acara seperti ini memang sudah menjadi agenda tetap pada setiap acara Masa Orientasi yang merupakan rancangan Bapak Nyoman Ngadeg.

Setelah itu para peserta dikembalikan ke ruangan masing-masing dan disuruh tidur kembali. Sama halnya pada kemah pramuka lalu, ketika tengah malam para peserta dibangunkan paksa kemudian dengan mata tertutup selendang, mereka digiring keliling sekolah bahkan kelur sekolah sampai lapangan Yowana Wijaya.
Setelah lelah berkeliling-keliling tujuan utama yaitu renungan malam maka seluruh calon PKS baru tersebut kembali digiring menuju ruang terbuka guna mengikuti acara renungan malam.

Tak jauh beda pada renungan-renungan malam sebelumnya diberikan renungan serta makanan dan minuman yang menggambarkan kehidupan ini. Renungan malam ini diakhiri dengan sekapur sirih oleh kepala sekolah I Nengah Miyasa, M. Pd kemudian jabat tangan peserta Masa Orientasi  dengan senior-senior PKS serta para pembina.

Kamis pagi sekitar pukul 10.00 acara Masa Orientasi PKS ini secara resmi diakhiri dengan melaksanakan upacara penutupan. Yang diikuti oleh seluruh peserta serta panitia acara tersebut.

Kemudian baru ketika hari Senin, 28 Januari 2013 calon anggota PKS kelas X ini resmi dilantik sebagai anggota PKS baru SMA Negeri  Amlpaura.

0 komentar:

Poskan Komentar

Tinggalkan Komentar Jika Dirasa Perlu