Jumat, 11 Januari 2013

Persiapan Hari Raya Siwaratri

Menyambut hari raya besar Saraswati sebagai hari turunnnya ilmu pengetahuan, sudah menjadi tradisi segenap civitas pendidikan di Bali mempersiapkan upacara tersebut.

Meski terbentur dengan hari raya Siwaratri, tidak mengurangi antusias warga sekolah untuk berpartisipasi dalam memepersiapkan hari raya besar pendidikan tersebut. Persiapan sudah kami laksanakan sejak hari Siwaratri tepatnya pagi hari setelah usai sembahyang bersama. Seluruh warga sekolah melaksanakan tugas yang sudah diberikan oleh OSIS SMA Negeri 2 Amlapura. Kelas XI IPA 4 dan XI IPA 3 yang ditugaskan membuat penjor dengan sigap mengambil dan mengerjakan tugas mereka. Kemudian OSIS yang bertugas menghias dan memasang pangangge di padamasana sangat ulet ngayah.

Kepanitian yang sudah dibentuk baik dari pihak sekolah dan OSIS sudah dapat melaksanakan tugas dengan baik. Mulai dari persiapan alat-alat, pengadaan banten dll semua sudah dipersiapkan secara apik.

Sekitar pukul 11 siang hampir seluruh pekerjaan selesai dikerjakan, penjor sudah berdiri, padmasana sudah terhias rapi. Kemudian seluruh siswa kembali pulang kerumah masing-masing untuk mempersiapkan pejagran pada malam siwaratri.

Kembali pada hari jumat Tilerm kepitu sore hari, OSIS kembali melaksanakan tugas dengan ngayah di padmasana. OSIS mempersiapkan untuk pembuatan nasi yasa pada dini hari besok harinya. OSIS juga menyelesaikan beberapa hal yang belum kelar di Padmasana.

Hingga sekitar pukul 6 sore seluruh pekerjaan telah selesai dikerjakan. Saatnya megibung (makan bersama) hidangan yang sudah dimasak oleh dewan guru. Perasaan senang karena dapat bersama teman-teman berkumpul disekolah saat malam hari semabri menunggu esok pagi jam 2 untuk membuat nasi yasa yang akan dibagikan kepada seluruh warga sekolah.

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar Jika Dirasa Perlu